Berkarakter, Berilmu dan Berinovasi dalam dunia Pendidikan wujudkan harapan perjuangan Bangsa

Sebuah Refleksi Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018
Oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon,
Dr. FAHMI SALLATALOHY,M.Hum

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu,

Salam Sejahtera untuk kita semua

Aktivis Pendidikan di Kota Ambon yang saya Hormati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengajak kita semua untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kita masih diberi kesempatan untuk memberikan kontribusi kepada pembangunan bangsa, khususnya pembangunan di Kota Ambon utamanya pembangunan pendidikan nasional, semoga ini dapat meningkatkan tanggungjawab dan komitmen kita dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Negara kita, daerah kita khususnya Kota Ambon.
Saya juga menggunakan kesempatan yang baik ini untuk mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para pemimpin dan pengelola pendidikan, kepada para Guru dan pembimbing juga kalangan masyarakat luas yang sudah memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, kepada para pengelola dan guru sekolah sekolah luar biasa dan tentu saja kepada orang tua murid yang melakukan bimbingan di sekolah.


Saya juga menyampaikan rasa hormat kepada para aktivis dan pecinta pendidikan yang bekerja keras, dengan harapan semoga jasa saudara saudara dapat mempercepat peningkatan kualitas pendidikan kita, juga hormat dan penghargaan saya kepada anak anak yang berprestasi dengan pesan dan harapan jaga dan kembangkan apa yang telah kalian raih untuk mencapai sukses yang lebih besar lagi dimasa depan.

Aktivis Pendidikan yang berbahagia,
Di berbagai kesempatan kita semua, termasuk saya telah memahami hal hal mendasar dalam dunia pendidikan misalnya tentang infrastruktur pendidikan, tentang kurikulum, metodologi dan sistim evaluasi, tentang sasaran sasaran yang perlu dicapai dalam dunia pendidikan, baik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan maupun membentuk watak dan nilai pada anak didik, termasuk para pendidik, para guru dan semua pihak yang mengelola pendidikan di kota Ambon.

Sedemikiannya karena hal hal yang terkait dengan apa yang telah kita pahami tentang sistim pendidikan telah diatur dalam instrument instrument yang sah yakni Undang Undang Dasar 1945, undang undang dan peraturan peraturan yang diatur dan ditetapkan oleh pemerintah baik dipusat maupun didaerah.
Oleh sebab itu saya ingin menyampaikan sesuatu yang berbeda sebagai satu refleksi tentang pendidikan untuk kota Ambon, sekaligus untuk memastikan bahwa arah pembangunan dalam dunia pendidikan di kota Ambon menuju ke arah yang benar. Secara singkat saya ingin mengedepankan 3 topik sebagai 3 isu penting dalam mengedepankan dunia pendidikan, yang pertama adalah hubungan pendidikan dengan pembentukan watak atau yang kita kenal dengan carachter building, yang kedua bagaimana kita membangun masyarakat yang berpengetahuan atau knowledge society yang kita mulai dari basis pembangunan masyarakat, dan yang ketiga atau yang terakhir bagaimana kita membangun budaya inovasi atau the culture of innovation yang sangat diperlukan agar Ambon yang adalah bagian dari unsur yang penting diwilayah Negara kita benar benar menjadi kota yang maju dan mampu bersaing dengan kota kota yang lain di wilayah Indonesia di abad 21 ini.
Tiga hal itulah yang ingin saya sampaikan dan saya tujukan bagi semua pengelola dan pemangku kepentingan pendidikan dikota ini.
Saya ingin mengajak saudara saudara memahami perkembangan dunia saat ini termasuk perkembngan kota kita ditengah dunia yang terus berubah. Dengan demikian apapun yang kita lakukan termasuk pembangunan dibidang pendidikan tidak akan kehilangan arah karena sesuai dengan dunia kita dan kota kita.
Perkembangan kehidupan mayarakat dewasa ini baik di tingkat nasional maupun tingkat global dapat saya sampaikan sebagai berikut, kita sekarang hidup dalam era globalisasi, universalisasi, kita juga hidup dalam dunia informasi canggih dan kita tak lepas dari alam demokrasi. Sudah tentu kita menghadapi begitu banyak tantangan tantangan baru disemua bidang pembangunan, dan yang sangat resistensi untuk pembangunan karakter adalah maraknya kejahatan narkotika yang menjadi medan juang kita untuk mengedepankan anak anak kita terhindar dari kejahatan ini. Tetapi dibalik tantangan itu ada juga peluang atau opportunity. Peluang ini antara lain adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi, dan bagi yang mendayagunakannya secara bijak dan tepat akan membawa manfaat.
Kemudian perjuangan yang lain adalah untuk mendapatkan pekerjaan dan profesi untuk sukses baik sebagai bangsa maupun individu orang seorang, dan untuk itu sudah tentu kita perlu meningkatkan human capital kita dan meningkatkan daya saing kita. Dan bisa kita menyimpulkan bahwa yang akan survive dalam arti luas dan akan menang dalam era seperti ini adalah mereka yang berpengetahuan dan berketrampilan, knowledge dan skil, knowledge tidaklah cukup tampa memiliki skill diberbagai bidang provesi. Kemudian mereka yang berkarakter kuat baik bangsa maupun individu. Tiga hal tadi yang saya sampaikan secara ringkas itu bukan hanya menjadi tugas para aktivis dunia pendidikan tetapi tuggas masyarakat secara keseluruhan, tetapi kalau saya harus kaitkan dengan pendidikan maka saya bisa menyampaikan hal hal sebagai berikut, yang disebut berkarakter kuat dan baik adalah baik perseorangan, atau masyarakat, atau bahkan bangsa adalah mereka yang memiliki akhlak, moral, budi pekerti yang baik. Selanjutnya mereka yang memiliki kepribadian kemandirian, keyakinan diri dan disiplin yang baik pula. Mereka yang memiliki semangat dan bersikap optimis, bersikap positif, sehingga energy yang dibawa juga energy positif, mereka yang ulet, tegar, tidak mudah menyerah dan gigih menghadapi masalah, juga mereka toleran terhadap yang lain, menghargai yang lain, rukun dengan saudara saudaranya utamanya antar umat beragama dan melestarikan budaya pela gandong di kota Ambon. Dan yang tidak kalah penting sebagai bangsa yang merdeka perlu sekali kita memupuk rasa patriotisme dan nasionalisme, cinta tanah air dan cinta bangsa.
Pertanyaannya bagaimana kita bisa membentuk manusia, anak didik kita bisa berkarakter seperti itu, yang pertama tama dengan pelajaran yang sering diajarkan secara teori dan diimbangi dengan praktek juga pembiasaan pembiasaan disiplin, tidak mudah menyerah, juga menghargai orang lain. Dan yang penting para pemimpin sekolah dan guru harus menjadi contoh, atau role models. Selain itu harus mengedepankan mutu pendidikan, study kasus, latihan latihan seperti outbound training.
Dari hal inilah maka kita perlu benahi banyak hal, karena kita harus menuju kepada pendidikan yang super modern dan maju, sekarang sudah ada internet, website, email, media social, ada informasi yang canggih, tinggal bagaimana kita menggunakannya dengan bijak. Membangun budaya inovasi, inovasi teknologi sangat penting untuk memecahkan berbagai masalah, dengan inovasi teknologi maka kita semakin efisien mangatur hidup kita, informasi berbagai materi pendidikan mudah didapat, berakses dalam administrasi lebih akurat. Dan sebagai kesimpulan reformasi dibidang pendidikan perlu kita lanjutkan, kembalikan pada hakekat pendidikan, bukan hanya ilmu tetapi juga karaktter, selanjutnya menjemput masa depan dengan inovasi dan pengembangannya.
Itulah pekerjaan rumah kita semua, Insya Allah dengan kebersamaan akan bisa kita laksanakan, sehingga Kota kita Ambon Manise makin ke depan makin baik untuk generasi kita yang mendatang.

Demikianlah saudara saudara, sekali lagi terima kasih dan penghargaan saya sampaikan bagi para pendidik dalam hal ini aktivis pendidikan, semoga kita semua akan tergugah untuk melakukan tanggung jawab, semangat dan upaya besar kita untuk membuat bangsa kita, daerah kita, kota kita Ambon Manise untuk makin maju.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa menyertai kita.

Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DINAS PENDIDIKAN KOTA AMBON
MENU
Headlines: